back to top

We are on

Shopping Cart
0 item(s)
Rp 0.00
Your Cart

Manfaat Habbatussauda (Jinten Hitam) untuk Kesehatan

ARTICLE POST
-
Manfaat Habbatussauda (Jinten Hitam) untuk Kesehatan. Pernahkah anda mendengar tentang Habbatussauda? Nigella Sativa? Kata ini mungkin terdengar asing di telinga orang Indonesia, tapi kalau Jinten Hitam? Ya...Jinten Hitam adalah nama lain dari Nigella Sativa atau Habbatussauda atau Black Seed.
Habbatussauda telah digunakan di banyak negara Timur Tengah dan dimanfaatkan untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Saat ini berbagai akademisi dan universitas di banyak negara telah banyak melakukan penelitian mengenai habbatussauda. Hasilnya menunjukan bahwa Habbatussauda merupakan obat yang menakjubkan.

Manfaat Habbatussauda (Jinten Hitam)

Ibnu Sina (980 - 1037M), dalam karya terbesarnya The Canon of Medicine, yang dianggap banyak orang sebagai buku paling terkenal di dunia kedokteran baik di Timur ataupun di Barat, menyatakan bahwa Nigella Sativa bermanfaat menstimulasi energi di tubuh dan membantu penyembuhan dari kelelahan atau kurang semangat.

Sungguh banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari habbatussauda, sehingga tidak mengherankan apabila ia populer disebut dengan "the seed of blessing" atau juga "habbatubarakah" yang artinya biji-bijian yang mengandung rahmat.

Habbatussauda juga merupakan obat yang direkomendasikan oleh Nabi kita, Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam. Disebutkan dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi karya Ibnul Qayyim Al-Jauziyah, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:
“Sesungguhnya habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit, kecuali dari penyakit assamu”. Aku (yakni`Aisyah radhiallahu 'anha) bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.” (HR. Al-Bukhari no. 5687 dan Muslim no. 5727)

Manfaat Habbatussauda
Mengkonsumsi habbatussauda sebagai obat yang dianjurkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak begitu dikenal oleh muslimin di Indonesia. Padahal di berbagai negara Eropa, Amerika dan sejumlah negara Asia, obat ini mengalami kepopuleran yang sangat nyata dengan dilakukan beberapa riset ilmiah untuk mengungkapkan kebenaran Hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Berikut beberapa Manfaat dan Khasiat Habbatussauda bagi Kesehatan Tubuh Kita :
  1. Menguatkan Sistem Kekebalan.
  2. Jintan Hitam dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Efektivitasnya hingga 72% jika dibandingkan dengan placebo hanya 7%. Dengan demikian mengonsumsi habbatussauda’ dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Pada tahun 1993, Dr. Basil Ali dan koleganya dari College of Medicine di Universitas King Faisal, mempublikasikan dalam jurnal Pharmasetik Saudi. Keampuhan ekstrak habbatussauda diakui Profesor G. Reimuller, direktur Institut Immonologi dari Universitas Munich, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai bioregulator. Dengan demikian habbatussauda’ dapat dijadikan untuk penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti kanker dan AIDS.

  3. Meningkatkan Daya Ingat Konsentrasi dan Kewaspadaan.
  4. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linoleat (Omega 3). Habbatussauda’ merupakan nutrisi bagi sel otak bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

  5. Meningkatkan Bioaktifitas Hormon.
  6. Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktivitas hormon.

  7. Menetralkan Racun dalam Tubuh dan Melindungi Lambung.
  8. Racun dapat mengganggu metabolisme dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, gangguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Habbatussauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh. Habbatussauda juga mampu melindungi selaput-selaput lambung sebagaimana yang dilakukan peneliti Kairo terhadap tikus-tikus percobaan.

  9. Mengatasi Gangguan Tidur dan Stres.
  10. Saponin yang terdapat di dalam habbatussauda’ memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Sapion berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stres.

  11. Anti Histamin.
  12. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dan habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial. Penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD tahun 1993 membuktikan Kristal dari niggelone memberikan efek suppressive. Kristal-kristal ini dapat menghambat protemkiase C, sebuah zat yang memicu pelepasan histamine. Penelitian lain membuktikan hal serupa. Kali ini dilakukan Dr. Med. Peter Schleincher, ahli immonologi dari Universitas Munich. Ia melakukan pengujian terhadap 600 orang yang menderita alergi. Hasilnya cukup meyakinkan, 70% yang menderita alergi terhadap serbuk, jerawat, dan asma sembuh setelah diberi minyak habbatussauda’. Dalam prakteknya Dr. Schleincher memberikan resep habbatussauda’ kepada pasien yang menderita influenza.

  13. Memperbaiki Saluran Pencernaan dan Antibakteri.
  14. Habbatussauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare. Tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampun membunuh strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotik seperti Ampicillin dan Tetracillin. Dr. Mursi dari Universitas Kairo telah melakukan penelitian tentang peran habbatussauda’ terhadap aktivitas bakteri yang dipublikasikan dalam sebuah majalah tahun 2000M. hasilnya bahwa 22 jenis bakteri yang ia teliti mampu terhambat perkembangannya oleh ekstrak habbatussauda’.

  15. Habatussauda sebagai Obat Rematik.
  16. Suatu hal sudah umum diketahui para dokter bahwa sel-sel makrofag biasa mengeluarkan zat natrium oksida. Dan habbtussauda mampu menekan produksi natrium oksida yang berpengaruh pada berkurangnya penyakit infeksi sendi, sebagaimana penelitian Dr. Ghamidi dari Universitas Fashal, Damam sebagaimana yang dipublikasikan pada majalah J. Ethno Pharmacol.

  17. Melancarkan Air Susu Ibu.
  18. Kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.

  19. Tambahan Nutrisi pada Ibu Hamil dan Balita.
  20. Pada masa pertumbuhan anak membutuhkan anak nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan anak akan mudah terkena flu dan pilek. Kandungan Omega 3, 6, 9 yang terdapat dalam habbatussauda  merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.

  21. Anti Tumor.
  22. Pada kongres kanker internasional di New Delhi, minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuwan kanker Immonobiologi Laboratory dari California Selatan. Habbatussauda’ dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terhadap virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.

  23. Nutrsi Bagi Manusia.
  24. Habbatussauda kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energi sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Habbatussauda’ mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan, habbatussauda dapat mencukupinya. 
Demikian artikel mengenai Manfaat Habbatussauda (Jinten Hitam) untuk kesehatan yang bisa saya berikan untuk anda. Semoga artikel ini bermanfaat.
Description
Reviews

shipping

0 item(s) in cart

bank acc

Copyright © 2016.
Obat Herbal | Toko Herbal Online Terpercaya Allright reserved.
Proudly by Blogger
cart
0 items in cart