back to top

We are on

Shopping Cart
0 item(s)
Rp 0.00
Your Cart

Benarkah Sering Makan Mie Instan Berbahaya?

ARTICLE POST
-
Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Benarkah Sering Makan Mie Instan Berbahaya?
Ya...apapun itu bila terlalu berlebihan pasti tidak akan baik
Mie instan merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh sebagian orang di dunia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya mie instan dikonsumsi karena harganya yang murah dan prosesnya yang cepat dan simple. 

Untuk itu bagi Anda yang gemar mengkonsumsi mie instan, sebaiknya mulailah untuk menguranginya agar terhindar dari penyakit. Karena dibalik kelezatan dan kemudahan dalam mengolahnya, ternyata mie instan mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.
Bahaya apa saja yang dapat diakibatkan jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan? Berikut penjabarannya....  

Mie Instan Mengandung Natrium
Mie instan mempunyai kandungan natrium tinggi yang dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi, maag dan tekanan darah tinggi. Karena natrium tersebut dapat bersifat untuk menetralkan lambung, sehingga lambung akan mensekresi asam dalam jumlah banyak untuk mencerna makanan. Akibatnya asam lambung menjadi naik dan terjadi pengikisan dinding lambung.   
 
Mie Instan Mengandung Lilin
Beberapa waktu yang lalu terdapat isu bahwa dalam mie instan terdapat lapisan lilin yang membuat mie tidak lengket saat dimasak. Kandungan lilin tersebut dapat merusak sistem kerja pencernaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan gangguan jika dikonsumsi secara terus menerus dan dapat mengakibatkan tumbuhnya sel penyebab kanker. Tapi isu lilin ini sudah dibantah oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) beberapa tahun lalu. Dan Hingga kini pun isu tersebut masih dibantah.

Bumbu dan pelengkap Mie Instant

Bumbu mie instan, seperti bumbu cabe, saus tomat, kecap serta bahan cita rasa / flavor (rasa ayam, rasa udang, rasa sapi) banyak menggunakan vetsin (MSG) dan food additive yaitu bahan-bahan kimia yang ditambahkan ke dalam proses pengolahan makanan, dengan tujuan agar makanan tersebut memiliki sifat-sifat tertentu. Belum lagi Styrofoam dalam mie cangkir, yang dicurigai bisa menyebabkan kanker.
Menambahkan MSG dalam masakan kita memang menambah nikmat rasa masakan tersebut, tapi dibalik kenikmatan vetsin atau MSG ini, disinyalir berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, terutama kesehatan anak-anak. Mengkonsumsi 12 gram MSG per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. Tidak hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan.
Jadi sangat disarankan menghindari penggunaan MSG yang berlebihan pada masakan ataupun makanan anda, atau anda dapat menggantinya dengan gula atau garam. Permasalahan yang sebenarnya  adalah pada bahan yang terkandung dalam bumbu mie instant tersebut.

Artikel ini tidak melarang dan membatasi Anda untuk mengkonsumsi mie instan, berikut ini ada sedikit tips, memasak mie instan agar lebih aman. Silahkan ikuti cara memasak mie instan berikut ini :
  • Pada saat sedang memasak mie, air rebusan mie tersebut jangan digunakan sebagai kuah mie.
  • Sebaiknya air rebusan pertama mie tersebut di buang, kemudian jika anda ingin membuat mie kuah, gunakan air panas/hangat lainnya (air termos) yang tidak tercampur dengan mie pada saat memasak.
  • Atau masak mie instan sambil diaduk-aduk, kemudian buang air rebusan mie tersebut. Setelah itu masak kembali mie dengan air mendidih yang baru dan masak mie hingga matang dan siap untuk diberi bumbu.
Hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah "Bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung di dalamnya bila dimasak di atas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok"

Semoga artikel mengenai Bahaya Mie Instan yang saya berikan saat ini bermanfaat bagi Anda.
Description
Reviews

shipping

0 item(s) in cart

bank acc

Copyright © 2016.
Obat Herbal | Toko Herbal Online Terpercaya Allright reserved.
Proudly by Blogger
cart
0 items in cart